Tahu Gimbal Pak Edy Semarang

Salah satu kegiatan asik ketika mengunjungi suatu kota/daerah adalah berburu kuliner. Setiap daerah/Kota memiliki makanan khas yang patut Kita coba. Dengan begitu, kesan tentang daerah/kota tersebut akan terendap dalam memori liburan kita.

Sebagai salah satu tujuan wisata domestik/lokal, Semarang memiliki berbagai kuliner khas yang tidak ada di kota lain. Beberapa kuliner mungkin akan terdengar asing, tetapi ketika kita melihat dan merasakannya, akan mirip dengan kuliner yang berasal dari daerah kita, terutama kalau tempat kita berasal dari Jawa yang masih satu pulau. 

Salah satu contoh kuliner Semarang yang terdengar unik adalah tahu Gimbal. Sebelum merasakannya, saya tidak memiliki ekspektasi apapun akan seperti apa rasanya. Tetapi, ketika melihat penyajiannya, langsung terpikirkan kupat tahu. 

Tahu Gimbal Semarang memang terasa mirip dengan kupat tahu, karena saus kacangnya. Isiannya juga hampir sama, yakni tahu goreng, tauge rebus, kupat, dan irisan kol. Yang sedikit membedakan dari segi isian adalah adanya bakwan udang yang diiris, telur ceplok, dan kerupuk udang. Ada juga taburan potongan daun seledri dan bawang goreng.

Tahu Gimbal Semarang yang sangat terkenal adalah tahu Gimbal Pak Edy. Pak Edy berjualan di pojok utara Taman Indonesia Kaya Semarang yang terletak di belakang kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah sendiri terletak di Jalan Pahlawan, jalan yang terletak di sebelah selatan Simpang Lima Semarang dan berseberangan dengan Kantor Telkom Semarang.

Warung tahu Gimbal Pak Edy merupakan warung kaki lima, dan memang terletak di trotoar pinggir jalan. Warung buka Mulai jam 5 sore. Ngomong-ngomong, di daerah tersebut terdapat beberapa warung tahu Gimbal dengan nama Pak Edi. Sepintas memang sangat mirip. Tetapi jangan salah. Warung tahu Gimbal Pak Edy yang asli memakai huruf 'y' bukan 'i'. Kemudian, di spanduknya terdapat foto Pak Edy. Jadi, kalau teman-teman mau mencoba tahu Gimbal Pak Edy, jangan lupa dengan dua penanda tersebut. 

Rasa tahu Gimbal Pak Edy sangat enak menurut saya, sebagai orang berlidah jawa yang menyukai makanan yang cenderung berasa manis. Harga satu porsi tahu lengkap sebesar Rp.20.000,00 (kalau tidak suka telur ceplok, boleh kok). Segelas the manis panas dibanderol Rp.4.000,00. Di warung tersebut juga tersedia es serut. Jadi, teman-teman, kalau ada kesempatan main ke Semarang, sempatkanlah mencoba tahu Gimbal Pak Edy. Jangan lupa Pak Edy dengan 'y' dan ada fotonya di spanduknya. Setelah itu bisa bersantai sejenak di Taman Indonesia Kaya.

Comments

Popular Posts