Cara Membayar Pajak Motor 5 Tahunan di SAMSAT/KPPD Wates Kulonprogo

Pajak diciptakan sebagai salah satu sumber pendanaan pembangunan nasional. Kemudian, pajak berasal dari berbagai pos. Salah satu pos yang harus dijumpai oleh seorang pemilik kendaraan bermotor, baik beroda dua maupun empat, adalah pajak 1 tahunan dan pajak 5 tahunan. 

Secara umum, pembayaran kedua pajak ini memiliki perbedaan proses. Akan tetapi, disini hanya akan dijelaskan pembayaran pajak 5 tahunan, dengan cara mendatangi kantor SAMSAT langsung. Sebetulnya, pembayaran online sudah bisa, dan untuk itu, pembaca yang budiman bisa melihat prosedurnya langsung di media sosialnya (Instagram) @samsat_kulonprogo. 

Untuk pembayaran pajak 5 tahunan, yang pertama harus diketahui adalah bahwa kita tahu lokasi SAMSAT suatu daerah. SAMSAT Wates Kulonprogo sendiri terletak di Jalan Wates-Jogja Km. 1, lebih tepat lagi di seberang Balai Besar Veteriner Yogyakarta. 

Kemudian, langkah kedua yang harus dilakukan adalah menyiapkan 3 dokumen utama yaitu, BPKB, STNK, dan KTP sesuai BPKB. Foto copy ketiga dokumen tersebut sebelum menuju kantor SAMSAT. Sebetulnya di sana tersedia kios foto copy, tetapi alangkah lebih jika kita menyiapkan foto copyannya dari rumah.

Selanjutnya, ketika sampai di sana, langsung kendarai motor menuju tempat gesek nomor rangka motor. Selama mengantri, sebaiknya buka jok agar petugas penggesek lebih mudah menggesek nomor rangka motor kita. Ketika giliran kita tiba, standar motor kita dengan standar berdiri/dua. Setelah digesek, kita akan diberi dokumen yang akan dilampiri/ditempeli nomor rangka kita. Dari sini kita boleh langsung memarkirkan motor di tempat parkir. Tempat parkir motor SAMSAT Wates Kulonprogo berada di sebelah timur gedung, di tempat yang disediakan atap.

Gambar 1. Tempat Penggesekan Nomor Rangka Motor

Dari tempat parkir, segeralah menuju tempat pengumpulan berkas data dan dokumen yang disiapkan tadi dan foto copyannya. Sebelum dikumpulkan, pastikan semua data terisi. Di sana disediakan pulpen, tetapi untuk memudahkan, sebaiknya kita membawa pulpen sendiri. Setelah berkas dikumpulkan, data akan diverifikasi petugas dan kita diminta untuk menunggu sampai dipanggil sebagai tanda proses verifikasi sudah selesai. Tempat pengumpulan dan verifikasi dokumen berada di sebelah utara tempat penggesekan motor, dengan loket yang menghadap ke timur, di mana di situ berjajar kursi-kursi untuk mengantri dan tempat untuk menulis data wajib pajak.

Gambar 2. Tempat Pengisian dan Verifikasi Data

Setelah proses verifikasi selesai dan kita nama pemilik kendaraan dipanggil, segera ambil dokumen dan pergilah menuju loket di sebelah timur tempat pengisian dan verifikasi data. Loket ini berada persis di depan tangga yang akan menuju lantai 2, dimana di situ kita akan membayar pajak. Di loket ini data kita akan dicek dan kita akan mendapat nomor antrian untuk membayar pajak. Setelah dokumen dicek dan kita sudah mendapat nomor antrian, kita akan dipersilakan untuk menuju lantai dua untuk menunggu antrian membayar pajak. Proses mengantri di sini cukup lama, jadi harap bersabar, ya. 

Gambar 3. Tempat Membayar Pajak

Di sini kita akan dipanggil tiga kali. Panggilan pertama adalah untuk mengumpulkan berkas. Panggilan ini sesuai dengan nomor antrian yang diberi di loket dekat tangga. Setelah mengumpulkan berkas, kita akan mengantri lagi dan akan dipanggil (nama) untuk membayar pajak. Setelah pembayaran pajak selesai, kita harus mengantri lagi dan menunggu panggilan untuk membayar plat nomor. Setelah membayar plat nomor, kita akan diberi STNK yang baru. 

Setelah mendapatkan STNK baru, segeralah kembali ke lantai dasar dan foto copy STNK tersebut sebanyak satu kali sebagai syarat untuk mengambil plat nomor yang baru (seperti sudah dijelaskan, di sana tersedia kios foto copy-an, yang terletak di pojok sebelah utara loket pengisian dan verifikasi data. 

Dari tempat foto copyan segera menuju pembuatan plat nomor baru. Serahkan foto copyan STNK baru kita di loket yang tersedia di sana. Tempat pembuatan plat nomor ini berada di antara tempat penggesekan nomor rangka motor dan tempat pengisian dan verifikasi data. Di sini kita tidak akan terlalu lama menunggu karena biasanya orang yang membayar pajak lima tahunan tidak sebanyak orang yang membayar pajak satu tahunan. Setelah plat nomor baru motor kita jadi, kita akan dipanggil dan diberi plat nomor tersebut. Dan, lunaslah kita membayar pajak 5 tahunan di Kantor SAMSAT/KPPD Wates Kulonprogo. Semoga informasi singkat ini dapat membantu teman-teman pembaca yang budiman. 

Comments

Popular Posts