Soto Blumbang Borobudur Jawa Tengah


Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Halo teman-teman. Bagaimana kabar di libur akhir tahun kali ini. Semoga selalu sehat dan senantiasa menjaga protokol kesehatan ya.

Oh iya, teman-teman tahu kan, salah satu cara menjaga agar kita terhindar dari corona, selain dengan asupan gizi yang cukup dari makanan yang kita makan, yang juga sangat penting adalah menjaga kebahagiaan kita. Kebahagiaan akan membuat kita senantiasa berpikir positif, yang pada akhirnya akan berujung pada kekebalan tubuh yang baik, sebagai salah satu syarat mutlak untuk terhindar dari corona.

Sebagai seorang pehobi traveling, aku suka menjelajah tempat-tempat yang selalu menarik perhatianku. Salah satu area yang suka kujelajahi, dan masih ingin kuterus jelajahi, adalah perkampungan di sekitar Candi Borobudur. Area ini memiliki atmosfer yang mirip dengan Ubud di Bali (menurut pendapat pribadiku).

Tadi pagi, aku dan istri menyempatkan diri mengeksplor area ini lagi (setelah ke sekian kalinya). Dan setelah mengeksplor, kami merasa lapar karena memang belum sarapan. Tercetuslah ide untuk mencoba warung soto yang cukup ramai di pinggir jalan Muntilan-Borobudur.


Seperti teman-teman bisa lihat di foto, warung ini sebetulnya cukup sederhana. Tetapi, karena letaknya di tengah persawahan dan di tengah-tengahnya terdapat kolam ikan hias, suasana makan di sini menjadi spesial.

Menu andalan warung ini tentu saja soto, yang bisa diisi dengan daging ayam atau sapi, sesuai selera pembeli. Sebagai penyuka ayam, tentu saja aku memilih soto ayam. Porsinya cukup kecil sih, seukuran soto batok Sambisari atau Piyungan (bagi teman-teman yang sudah pernah coba pasti tahu). Isinya auwiran ayam, tauge rebus, nasi, potongan kubis, dan bawang putih goreng. Rasanya benar-benar gurih. Istriku pun memujinya.

Teman-teman jangan khawatir kurang kenyang ya, karena biarpun mangkuknya kecil, di sini tersedia berbagai lauk pendamping yang cukup mengenyangkan, seperti gorengan tempe dan bakwan, sate usus, telur puyuh dan tempura, telur asin, dan beberapa jenis kerupuk. Kesemua lauk pendamping pun harganya murah. Teman-teman bisa lihat di foto.

Teman-teman, kalau ada kesempatan main ke Borobudur, jangan lupa mampir makan di warung ini. Pelayannya ramah, harganya murah, tempatnya cukup nyaman, dan buka dari pagi hingga pukul 8 malam. Dijamin nggak nyesal. Silakan dicoba. Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Comments

Popular Posts